Thursday 15 March 2012

OTAK KANAN – OTAK KIRI

Otak kanan berfungsi untuk kreatifitas, spontan, berpikir tidak terstruktur dan cendrung memikirkan hal-hal yang tidak mendetail.

Otak kiri berfungsi terkait kecerdasan analitis, berpikir sistematis, tahap demi tahap dan banyak pertimbangan.

Baik otak kanan dan otak kiri tentu dibutuhkan untuk menghasilkan suatu passive income. Ketika anda mau menjadikan rumah anda sebagai penghasil passive income, otak kanan secara spontan sampaikan sewa saja. Hasil sewa setiap bulan atau setiap tahun menjadi pendapatan passive income anda. 

Bagaimana peran otak kiri?  perhitungan matematika tentu dibutuhkan untuk menganalisa laba ruginya, apakah menjadi cashflow positif ke rekening anda atau justru merugikan. Jika menghasilkan cashflow positif otak kiri secara sistematis dan terstruktur dapat mengembangkan komponen-komponen terkait cashflow positif tersebut dan otak kiri dapat memberikan masukan untuk meningkatkan peran komponen-komponen positif dan menurunkan peran komponen-komponen pemberi cashflow negative.

Bagaimana kalau usaha sewa rumahnya memberikan negative cashflownya karena biaya perawatan rumah meningkat atau ada hal penyebab lainnya dan sudah dihitung-hitung oleh otak kiri dan dioptimasi baik komponen pemberi nilai positif maupun komponen pemberi nilai negative tetap memberikan cashflow negative? Tentu jawabannya otak kanan dapat memberi jawaban kreatif lagi. Rubah usaha sewa rumah menjadi usaha penitipan anak.

Usaha penitipan anak didirikan, dioperasionalkan membutuhkan lagi otak kiri bekerja untuk menghitung cashflow, meningkatkan cashflow dstnya.

Jadi untuk membangun passive income dibutuhkan kerja sama dari otak kanan dan otak kiri. Pada kondisi di atas dimulai dari kreatifitas otak kanan dan diikuti dengan feedback dari otak kiri. Hal ini adalah suatu proses looping yang terus menerus sehingga akhirnya dicapai cashflow positif untuk passive incomenya.

Pada sisi lain, proses membangun passive income tidak menutup kemungkinan dimulai dari otak kiri. Seorang peneliti yang melakukan riset secara sistematis untuk penelitian di bidang Fisika, Kimia, Biologi dan lain2 pada titik tertentu akan menghasilkan karya yang dapat dipergunakan masyarakat. Hasil karya otak kiri ini tentu oleh otak kanan dapat dipatenkan untuk mendapat royalty atau dijual langsung ke industry tertentu atau ditulis dalam bentuk buku atau e-book untuk dijual dan seterusnya.

Tuhan menciptakan otak kanan dan otak kiri sebagai satu kesatuan untuk dapat dimanfaatkan dan disinergikan oleh manusia seoptimum mungkin.

No comments:

Post a Comment