Friday 16 March 2012

Tambah dan Kali

Sejak kecil kita sudah diajari hitung-hitungan berupa tambah dan kali selain kurang dan bagi. Ternyata tambah dan kali ini sangat berperan untuk mengembangkan kekayaan anda. Faktor memberikan nilai tambah pada diri anda, keahlian anda atau produk anda dapat memberikan potensi untuk menjadikan anda kaya. Dan untuk menjadikan anda super kaya faktor kali menjadi dasarnya.

Anda sebagai karyawan perlu meningkatkan kemampuan diri sehingga output yang anda hasilkan setiap hari memberikan nilai tambah yang lebih baik dibandingkan rata-rata. Demikian juga untuk anda yang menawarkan keahlian tentu penting untuk memiliki nilai tambah yang lebih baik dibandingkan yang dapat diberikan secara umum sehingga client / market anda merasa puas bertransaksi dengan anda. Apalagi jika anda memiliki bisnis dan menawarkan produk atau jasa tentu penting untuk memiliki nilai tambah. Jika tidak memiliki nilai tambah untuk apa prospek anda harus membelinya.

Yang menjadi pertanyaan seberapa jauh nilai tambah tersebut dikembangkan. Jawabannya adalah tak terbatas. Makin anda kembangkan nilai tambah tersebut tentu potensi income anda makin besar. Yang penting adalah anda wajib terus mengembangkan nilai tambah tersebut sampai menghasilkan income yang lebih besar dari kebutuhan anda. Inilah nilai tambah minimum yang harus dikembangkan yang memberikan cashflow positif ke rekening anda. Dan jika ini terus membesar tentu anda menjadi kaya.

Untuk menjadi super kaya, anda perlu faktor kali. Seperti halnya makhluk ber sel satu yang dapat membelah dirinya menjadi 2 kemudian menjadi 4, 8 dst, produk / jasa anda juga penting untuk dikembangkan dengan factor kali. Berbagai cara dapat anda lakukan, anda dapat memperluas promosi produk / jasa anda melalui keluarga, teman2 dan networking anda. Sekarang dengan menggunakan media internet, produk anda dapat diakses ke seluruh dunia dan 24 jam sehari. Ini merupakan potensi factor kali yang tak terbatas. Anda bisa bangun juga franchise untuk produk / jasa anda sehingga berpeluang besar factor kali bekerja untuk anda.

Yang penting diingat adalah sebelum anda menerapkan factor kali diyakinkan bahwa produk / jasa / kemampuan anda memang sudah menghasilkan cashflow positif. Return terhadap risknya sudah lebih besar karena jika anda paksakan factor kali bekerja tentu akan menghasilkan kerugian yang berkali-kali jika cash flow positif belum terbentuk. Anda mesti kembali dulu ke tahap meningkatkan nilai tambah.

Jadi faktor kali dilakukan setelah factor tambah sudah memberikan cashflow positif.

No comments:

Post a Comment