Thursday 15 March 2012

Sejumlah cara mendapatkan passive income

1. Transportasi

Kita bisa beli alat transportasi seperti bus, truk, mobil, kendaraan bermotor, becak kemudian disewakan. Hasil sewa menjadi sumber pendapatan kita. Dengan demikian asset tersebut bekerja untuk kita.
Apalagi situasi jalan makin macet, bawa kendaraan sendiri membuat kondisi mental dan phisik lelah. Peluang menyewakan alat transportasi tsb makin menjanjikan. Apalagi ada kecendrungan harga bahan bakar naik.  
Keamanan asset dapat dikelola dengan memilih driver yang dapat dipercaya atau menggunakan asuransi, alat monitor GPS dll.


1.   Property
Sewakan property kita. Rumah, rumah toko, kios dan apartemen atau tanah dapat disewakan. Hasil sewa menjadi sumber pendapatan kita. Dengan demikian asset tersebut bekerja untuk kita.
Property juga bisa menjadi sumber cash Anda melalui pinjaman refinance ke Bank. Property ini menjadi jaminannya. Tentu Bank akan melihat sumber pendapatan bulanan kita. Bank akan menentukan jumlah besar pinjaman berdasarkan kemampuan pembayaran kita setiap bulanan dan besar jaminan yang tersedia.


2. Broker
Kita yang mempunyai kesempatan menjembatani investasi bisnis  ada peluang mendapat komisi dalam jangka waktu tertentu berdasarkan persentasi dari nilai investasi. Lumayanlah, setiap bulan bisa mendapat Passive Income.  Bayangkan kalau tiap bulan kita mampu mencetak uang dengan cara seperti itu. Jelas bisa kaya.

3.  Saham
Dana lebih dapat ditempatkan pada saham-saham blue chip dan menunggu pembagian dividennya.
Peluang / resiko investasi di saham adalah fluktuasi harganya, bisa naik bisa turun. Hal ini tergantung perkembangkan ekonomi, situasi fundamental perusahaan serta supply demand saham ini.
Jika kita bisa melihat harga saham saat ini di bawah harga wajarnya dan margin of safetynya significant, saham ini berpeluang memberikan income karena kenaikan harganya selain pembagian dividen.
Passive income dapat diperoleh juga melalui penempatan dana di reksadana pendapatan tetap. Risiko fluktuasi pasar dapat dikelola sehingga pokok dana tidak berfluktuasi namun pendapatan per bulan tetap dapat.


4.  Royalti
Passive income dapat diperoleh melalui Royalti. Untuk mendapat royalty ada peluang besar bagi yang senang menulis. Menulis buku dan buku kita dibeli, kita akan memperoleh royalti sekitar 10% sesuai perjanjian kerja sama dengan penerbitnya. Setelah buku ditulis dan masuk ke pasar, penulis tinggal menunggu hasilnya bahkan kehidupannya bisa mapan dengan waktu yang berlimpah.
Menulis buku bukan sesuatu yang mudah bagi yang bekerja untuk membagi waktu. Juga perlu mempersiapkan data-data / informasi-informasi yang berkualitas dan cukup.
Royalti dapat juga diperoleh melalui aktivitas penellitian. Seorang ahli kimia, fisika, biologi dll dapat melakukan penelitian untuk mendapatkan royalty. Selama hasil penelitiannya dimanfaatkan ybs akan mendapatkan passivie income.
Anda juga bisa mendapatkan royalty dengan mencipta music, karya seni, game dll dan menjualnya.

No comments:

Post a Comment