Sunday 8 April 2012

Memilih nama Blog


Ketika mempersiapkan blog muncul pertanyaan apa nama blognya. Nama blog ini penting untuk menjadi identitas dari blog. Nama blog juga sebaiknya sesuai dengan visi / tujuan blog dibangun. Pemberian nama seyogianya dipilih yang mudah diingat atau dilafalkan oleh komunitas yang akan menjadi tujuan dari blog. Dan yang penting untuk dihindari adalah memilih nama yang tidak baik.

Langkah awal dapat dilakukan dengan mendaftar sejumlah nama. Agar berjalan lancar daftarkan saja semua nama tanpa batasan sehingga makin banyak alternatif nama yang diperoleh. Hal ini penting karena jika kita mencoba mendaftar dan sekalian proses pemilihan dilakukan maka dapat membuat kesulitan dalam proses pendaftaran alternatif nama ini. Proses seleksi akan kita lakukan kemudian, yang penting pada tahap ini kita dapatkan alternatif nama dengan jumlah yang cukup.

Pendekatan untuk menseleksi dapat dilakukan dengan memilih nama yang popular atau yang unik atau kombinasi dari keduanya. Untuk itu dapat memanfaatkan fasilitas pencari kata seperti google, yahoo dan lainnya. Jika search dari kata-kata tersebut menghasilkan jumlah search yang banyak berarti makin popular dan jika jumlah search makin sedikit berarti makin unik. 
Faktor-faktor penentu untuk seleksi dapat anda tambahkan.

Berdasarkan hal ini anda dapat mengurutkan daftar nama berdasarkan nilai rangkingnya dan memutuskan nama yang dipilih menjadi nama blog anda.

No comments:

Post a Comment