Saturday 14 April 2012

Memilih Topik Blog


Topik penting untuk ditentukan sebagai persiapan membuat Blog. Isi dari Blog tergantung padanya dan ketika ditentukan diyakini akan menjadi nilai tambah bagi segmen pengunjung Blog.

Untuk memilih topik blog dapat dilakukan dengan memperhatikan hal-hal berikut :

1.     Tentukan target dari blog yang akan anda bangun. Target yang jelas dapat mengarahkan sumber daya yang tersedia untuk fokus. Target ini kembali pada masing-masing blogger, ada yang mentargetkan untuk mendapatkan pendapatan dengan nilai tertentu dalam jangka waktu tertentu. Ada yang untuk hobby atau untuk mengembangkan pertemanan atau untuk membagi ilmu. Anda sendiri yang menentukannya jangan terganggu oleh pihak lainnya. Input boleh saja tapi keputusan akan hal ini di tangan anda.

2.     Lihat kemampuan diri anda maupun resources yang tersedia. Produktifitas anda untuk mempersiapkan content blok sangat bergantung kepada ilmu, keahlian dan pengalaman serta minat anda. Makin banyak content blog dapat anda siapkan tentu mesin pencari makin besar peluangnya untuk menampilkan blog anda.

3.     Tentukan nilai tambah yang akan diberikan kepada target pasar dan segmen pengunjung blog. Ini penting untuk mengembangkan potensi traffic ke blog anda. Dan jika target anda terkait dengan sumber pendapatan maka anda yakinkan cukup banyak potensi produk dan layanan yang tersedia dan dapat terlibat dengan topik ini. Sehingga nantinya anda dapat lakukan pendekatan langsung ke pihak produk dan layanan ini untuk meningkatkan nilai tambah yang anda tawarkan.

4.     Daftarkan sejumlah topik. Usahakan dengan jumlah yang cukup katakanlah sekitar 10 topik.

5.     Seleksi topik  berdasarkan kriteria nomer 1, 2 dan 3 di atas. Lakukan proses analisa SWOT dan beri rangkingnya. Anda pilih 3 teratas sebagai info matang untuk keputusan anda.

Dengan demikian topik yang dipilih tidak saja nanti anda mampu untuk menulisnya, tapi juga dapat menghasilkan traffic yang berarti dan dapat merealisasikan target blog.

2 comments: