Saturday 21 April 2012

Pelajaran dari Steve Jobs


Carmine Gallo dari Entrepreneur Mobil Apps menyampaikan sejumlah nilai-nilai yang mendukung kesuksesannya.

1.  Lakukan apa yang kamu cintai. Jobs mengatakan. “ Orang dengan semangat yang menggebu-gebu dapat merubah dunia.” Temukan sesuatu yang benar-benar membangkitkan semangatmu yang luar biasa untuk melakukannya. Semangat ini adalah segala-galanya.


2.  Jobs percaya pada kekuatan visi. Dia pernah bertanya kepada presiden Pepsi, John Sculley, “Apakah anda mau menghabiskan sisa hidup dengan menjual air gula atau anda mau merubah dunia?” Jangan kehilangan pada visi besar anda.

3.  Buat keterkaitan. Jobs pernah mengatakan kreatifitas adalah menghubungkan berbagai hal. Manusia dengan pengalaman hidup yang luas dapat melihat berbagai hal yang orang lain tidak dapat lihat. Dia pernah mengambil kelas kaligrafi yang tidak ada pemanfaatannya dalam hidupnya – sampai dia bangun Macintosh. Jobs melakukan perjalanan ke India dan Asia. Dia belajar design dan rumah sakit. Jangan tinggal di dalam suatu kondisi tertentu saja. Hubungkan beberapa ide dari berbagai bidang.

4.  Sering mengatakan tidak. Ketika dia kembali ke Apple tahun 1997, dia melihat ada 350 produk dan dikurangi menjadi 10 produk dalam 2 tahun. Dengan demikan dia dapat menampatkan “A-Team” pada masing-masing produknya.

5.  Ciptakan pengalaman yang sangat berbeda. Ketika anda berinterkasi dengan Apple akan memperkaya kehidupan anda dan menciptakan hubungan emosi antara anda dan Apple.

6.  Ahli dalam mengkomunikasikan pesan. Jobs adalah ahli sebagai tukang cerita. Disamping mampu melakukan presentasi, dia memberi informasi, dia memberi pelajaran, dia memberikan inspirasi dan dia entertainer, semuanya dalam satu presentasi.

7.  Jual mimpi, bukan produk. Jobs mampu menangkap imajinasi karena dia benar-benar mengetahui customer nya. Dia menyadari tablet akan sulit memenuhi imajinasi customer jika terlalu kompleks. Hasilnya? Cukup satu tombol pada layar iPad. Sedemikian sederhananya sehingga anak usia 2 tahunpun dapat menggunakannya. Customer hanya memperhatikan tentang diri mereka sendiri, harapan mereka, ambisi-ambisi mereka. Jobs mengajarkan kepada kita bahwa jika anda membantu customer mencapai mimpi mereka, anda akan menang.

Satu pelajaran penting dari karir Jobs di Apple,  DREAM BIGGER. Pelajaran terbaik yang ditinggalkan Jobs kepada kita. Semangat luar biasa dalam kerjamu, percaya pada dirimu sendiri, percaya pada visimu dan konsisten mengejar mimpimu.

No comments:

Post a Comment