Friday 13 April 2012

Model Bisnis


Untuk mengembangkan blog anda sebagai mesin uang tentu perlu dikembangkan model bisnis nya.  Apalagi ketika membangun blog tersebut melibatkan investasi yang berarti tentu kebutuhan model bisnisnya makin kuat.

Model bisnis pada dasarnya menggambarkan sumber pendapatan dari blog anda, biaya-biaya terkait serta data-data kuantitatif pendukung pendapatan dan biaya tersebut. Termasuk investasi yang anda butuhkan untuk mengembangkan blog anda. Dalam model bisnis tersebut juga dijelaskan nilai tambah yang dapat diberikan oleh blog ke client dan bagaimana nilai tambah tersebut anda hasilkan.

Dalam model bisnis tentu diset target besar keuntungan yang diinginkan dan jangka waktu yang dibutuhkan untuk menciptakan nilai tambah yang akan diberikan blog.  Target-target ini dirinci dan menjadi akan menjadi dasar nantinya untuk memonitor implementasi model bisnisnya.

Diantara analisa kuantitatif yang perlu dilakukan yaitu analisa ROI dan BEP. ROI adalah singkatan dari return on investment yang pada dasarnya hasil bagi dari total pendapatan yang diperoleh blogger atas investasi dibagi dengan total biaya dalam jangka waktu tertentu. Makin besar nilai ROI nya makin bagus. BEP singkatan dari break even point yang berarti menunjukkan jangka waktu yang dibutuhkan oleh pendapatan dari investasi tsb menutupi biayanya. BEP makin kecil tentu menunjukkan investasi yang dilakukan makin efektif.

Makin baik ROI dan BEP investasi di blog anda berarti mesin uang anda makin kuat untuk menjadikan anda kaya.

No comments:

Post a Comment